Haflah Akhirisannah dan Syukuran Kelas XII

Haflah akhirisannah dan syukuran kelas XII dilaksanakan
Pada Ahad, 09 Juni 2024 M bertepatan dengan 2 Dzulhijjah 1445 H di lapangan gedung baru Attanwir.

Acara ini diawali dengan masuknya seluruh murid kelas XII, wali murid, seluruh asatidz dan pengasuh pondok pesantren Attanwir. Dilanjut dengan pembukaan yang dipimpin oleh MC dengan susunan pembukaan, pembacaan ayat suci Al-Quran, gema sholawat nabi, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Syubanul Wathon, prakata panitia, prosesi wisuda, khutbatul wada’, sambutan-sambutan dan terakhir penutup/doa.

Dilanjutkan pembacaan ayat suci Al-Quran yang dibawakan oleh Ahmad Sofiyullah, gema sholawat nabi yang dibawakan oleh grup rebbana Nurussabab, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Syubanul Wathon yang akan di bawakan oleh grup Paduan Suara Madrasah Aliyah Islamiyah Attanwir (PASMA).

Muhammad Azzam Syaifuddin selaku ketua panitia dalam sambutan menyampaikan terima kasih kepada tamu undangan dan permohonan maaf atas segala kekurangan. “Saya sebagai ketua panitia memohon maaf apabila ada kekurangan dalam pelaksanaan acara dan mengucapkan terima kasih kepada para asatidz dan panitia atas jerih payahnya untuk menyukseskan acara.” Tuturnya.
“Terakhir saya mewakili seluruh panitia dan teman-teman kelas 12 menyampaikan bahwa kelas 12 tahun pelajaran 2023/2024 M menyerahkan inventaris berupa 4 kipas embun dan 36 kursi auditorium dengan total senilai 40 juta rupiah.” Imbuhnya.

Acara selanjutnya prosesi wisuda kelas XII yang dipandu Ustadz Dian Imaduddin dan Ustadz M. Arifianto. Pembukaan sidang istimewa dibuka oleh mudirul Mts AI Attanwir, Drs.Nafik Sahal S.H., M.M “Rapat terbuka wisuda purna siswa Madrasah Aliyah Islamiyah Attanwir Talun Sumberrejo Bojonegoro Ahad, 09 Juni 2024 bertepatan pada pukul 08.25 dengan ucapan bismillahirrahmanirrahim dinyatakan dibuka.”

Pembacaan surat keputusan oleh kepala MA Ustadz Surono S.E.,S.Pd.,M.M. “Siswa 473 yang tercantum dalam surat dinyatakan lulus.”
Pengukuhan wisudawan-wisudawati dengan jumlah 473, 151 wisudawan dan 322 wisudawati, yayasan pondok pesantren attanwir juga memberikan penghargaan berupa syahadah yang didapatkan oleh 222 siswa dan siswi melalui ujian Niha’i. Dan yayasan pondok pesantren attanwir telah menentukan 10 wisudawan/wati terbaik dari ujian tersebut. Acara dilanjut dengan pembacaan ikrar setia yang di ikuti oleh seluruh wisudawan/wati dan pembacaan puisi tentang perpisahan. Dan prosesi wisuda di tutup oleh beliau KH. Nafik Sahal S.H.,M.M. “Wisuda Purna MAI Attanwir Talun Sumberrejo Bojonegoro bertepatan pada pukul 10.45 dengan ucapan Alhamdulillahirobbilalamin dinyatakan ditutup.” Tutur beliau.

Usai prosesi wisuda, pembacaan puisi dan prosesi wisuda yang dinyatakan ditutup suasana menjadi sedih, haru, bangga, senang bercampur jadi satu dalam situasi tersebut.Dalam haflah tersebut terdapat persembahan siswa siswi kelas XII yaitu pidato 4 bahasa yang disampaikan oleh Muhammad Maimun Zuhri, Mulya Insani dan Faza Tazkiya Qotrunnada. Dan persembahan tari saman dari organisasi asosiasi kaligrafer attanwir (ASSKAR), kekompakan mereka membuat semua tamu undangan kagum.

Acara selanjutnya sambutan pertama dari beliau Drs. Nafik Sahal S.H., M.M. “Ilmu yang didapatkan dari attanwir mohon diamalkan sebaik baiknya.” Tutur beliau.
Sambutan ke 2 perwakilan wali murid disampaikan oleh bapak Muhammad Ma’ruf. “Saya mewakili wali santri mengucapkan permintaan maaf yang setulus-tulusnya manakala jika ada putra putri kami yang pernah berbuat kesalahan baik yang disengaja maupun tidak semoga maaf dari bapak ibu guru bisa memperingan perjalanan anak-anak kami.”

Sambutan yang terakhir dari Ka. Sub. Bag. TU yang akan disampaikan oleh bapak Dr. Muhammad Zainul Arifin
”Selamat kepada orang tua wali murid serta anak-anak yang hari ini diwisuda mudah mudahan menjadi keberkahan untuk kita semua.”

Acara selanjutnya lain lain, yang pertama adalah penyerahan kenang kenangan.
Lain lain yang ke 2 adalah penyerahan alumni kepada pengurus ikami.
Acara yang selanjutnya penutup/doa dihaturkan ingkan romo KH. Ahmad Fuad sahal dan tutup oleh beliau.

149 Views